Transformasi Digital di Madrasah: Dosen PAI UIN Madura Dampingi Guru Melalui Model Ekspositori berbasis Digital
- Diposting Oleh Admin Web Prodi PAI
- Sabtu, 1 November 2025
- Dilihat 37 Kali
Pamekasan, 1 November 2025 — Tim dosen dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Madura melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru Berbasis Digital melalui Model Pembelajaran Ekspositori di MA Mabdaul Falah, Desa Kaduara Talang, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan “ . Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kapasitas guru di lingkungan sekolah maupun madrasah.
Kegiatan PkM ini bertujuan untuk membantu para guru dalam mengembangkan kompetensi profesional, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Selain itu, tim dosen memperkenalkan sekaligus mendampingi penerapan model pembelajaran ekspositori berbasis digital yang diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran serta menumbuhkan semangat inovasi di kalangan guru.
Ketua Tim PkM, Drs. H. Saiful Arif, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu langkah strategis dalam membangun budaya pembelajaran inovatif di madrasah. “Model ekspositori yang dikombinasikan dengan teknologi digital mampu memperkuat peran guru sebagai fasilitator sekaligus sumber inspirasi bagi peserta didik,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala MA Mabdaul Falah yang diwakili oleh Ibu Aflahah, M.Pd., menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran tim pengabdi dari Prodi PAI UIN Madura. Beliau menegaskan bahwa guru masa kini perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakter generasi digital saat ini.
Kegiatan pendampingan dilaksanakan melalui dua tahapan. Tahap pertama berupa penyampaian materi oleh Ibu Emna Laisa, M.Pd.I., selaku dosen Prodi PAI, yang memberikan pengantar konseptual mengenai model pembelajaran ekspositori berbasis digital. Tahap kedua berupa praktik langsung yang dibimbing oleh Saudara Sholahudin Qoffal, mahasiswa Prodi PAI semester lima, dengan fokus pada pembuatan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif dan pembelajaran berbasis website. Pada tahap ini, peserta juga mendapatkan pendampingan dalam membuat website elearning secara individu dan menerapkan model tersebut di kelas nyata, serta memperoleh sejumlah template media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.
Semoga dengan melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan tercipta sinergi yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, profesionalisme guru, serta kualitas pembelajaran berbasis teknologi di Madrasah/Sekolah Khususnya di Kabupaten Pamekasan dan sekitarnya. (AdminPAI)